Sunday 25 August 2019

Karnaval Agustusan

Hallo Gaeesss...
Semangat karnaval gaeesss...

     Menurut bahasa karnaval yaitu pawai dalam rangka pesta perayaan yang biasanya mengetengahkan bermacam corak hal yang menarik dari yang dirayakan tersebut.
     Seperti halnya pada Perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang diperingati dengan meriah dan diisi berbagai macem kegiatan sebagai wujud suka cita dan rasa syukur seluruh komponen Bangsa.
     Salah satu kegiatan yang diadakan yaitu pawai karnaval 17-an, yang pada dahulu sempat tenggelam ketika masa Orde Baru runtuh. Dimasa pemerintahan Presiden Bapak Joko Widodo, kegiatan pawai karnaval 17-an  mulai populer kembali diberbagai daerah di Indonesia baik ditingkat Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan dan juga Desa dengan beragam tema yang diusung sesuai dengan Kultur, Adat dan Budaya yang dimiliki.
     Dalam kegiatan Pawai karnaval 17-an memiliki berbagai macam manfaat yang diperoleh antara lain :

• Sebagai sarana edukasi bagi anak-anak dan para pemuda milenial untuk mengenal keragaman budaya yang ada di Indonesia yang begitu banyak dan kaya, perbedaan suku, adat dan budaya bahkan agama sebagai sebuah wasiat untuk saling mengenal satu sama lain bukan untuk saling bermusuhan. Dalam keberagaman itu disatukan dalam satu wadah Bhineka Tunggal Ika.

• Sebagai sarana untuk menunjukkan kreatifitas dalam membuat ide tampilan tema atau pernak-pernik bahkan pesan yang ingin disampaikan ketika pawai karnaval 17-an diadakan.

• Sebagai sarana untuk mempererat tali silaturahmi antar warga masyarakat karena dalam kegiatan karnaval 17-an dikuti oleh semua kalangan, ada pejabat, rakyat biasa semuanya bersatu dalam kemeriahan kegiatan karnaval tersebut.

• Yang tak kalah penting adalah untuk menumbuhkan semangat jiwa patriot dan nasionalisme, melalui tampilan peraga atau pesan atribut yang dipakai dalam karnaval seperti, tampilan pasukan PASKIBRA, Lambang Negara, pesan Tulisan Tema Perjuangan, lagu-lagu Nasional, miniatur para Pahlawan, seni teatrikal perjuangan, tampilan busana adat, kesenian daerah dan masih banyak lainnya.
   Dari semua tampilan yang ditunjukkan oleh para peserta karnaval bisa membuat hati para penonton bergetar, perasaan bangga, kagum, terenyuh, bergejolak, menjadikan daya dorong semangat untuk cinta pada Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
     Harapan dari kegiatan karnaval 17-an dapat menumbuhkan semangat nasionalisme dalam berbangsa dan bernegara juga semangat cinta Tanah Air sesuai dengan amanah UUD 1945 dan Pancasila.

Merdeka... Merdeka... Merdeka
NKRI HARGA MATI
     

No comments:

Post a Comment