Monday 25 February 2019

potensi Desa Somorejo

     Desa somorejo kecamatan Bagelen kabupaten Purworejo, memiliki banyak potensi yang menjadi penopang perekonomian warga masyarakatnya. Beberapa potensi yang ada diantaranya yaitu sektor pertanian, perkebunan, industri kecil, perdagangan/jasa, pariwisata dan masih banyak lainnya gaesss...

     Di sektor pertanian menghasilkan padi, jagung, ketela, serta palawija lainnya. Disektor perkebunan ada gula kelapa serbuk, buah-buahan, tanaman karet, tanaman kayu keras (budidaya albasiah,jati,sonokeling dsb). Disektor industri kecil ada usaha kerajinan meubel, usaha pembuatan batako dan usaha trampil lainnya.
     Disektor jasa banyak tenaga trampil yang terserap diberbagai bidang dunia usaha yang ada di kota-kota besar bahkan hingga luar negeri sampai pada akhirnya stok yang ada didesa habis dan ini sebuah ironi gaesss....
Tapi masih tersedia banyak jasa permakelaran... heh... heh... heh... wadaaoouuuwww...

     Bisa ae tutup padasan... 😀😀😀

     Disektor pariwisata sebetulnya banyak potensinya, keanekaragaman kultur budaya, kesenian daerah dan tradisi yang berbeda-beda disetiap dusun yang ada didesa Somorejo merupakan sebuah kekayaan yang menjadi modal utama dan juga nuansa keindahan alam yang dimiliki desa somorejo menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta alam dan tidak kalah menarik dari daerah lain, akan tetapi semuanya ini belum tergarap dikarenakan terbatasnya anggaran dan sumber daya manusianya yang minim yang disebabkan oleh arus urbanisasi yang tinggi sehingga SDM produktif keluar dari desa mengadu nasib dikota.
Sektor pariwisata sebetulnya sangat menjanjikan apabila di kelola dengan benar dan yang jadi modal utama atau obyeknya tidak akan berkurang atau habis sampai generasi selanjutnya.

Oke gaesss...

     Bisa ae pegupon doro... 😀😀😀
     Bisa ae manuk emprit... 😀😀😀


     Sektor pertanian dan perkebunan menjadi tumpuan utama penggerak roda perekonomian didesa Somorejo. Produksi unggulannya yaitu gula kelapa serbuk organik yang pemasarannya sudah merambah pasar luar negeri. produk Gula kelapa serbuk ini awal mulanya dari produk gula kelapa cetak yang sudah mengalami proses pengembangan inovasi dari para petani melalui program yang dicanangkan oleh para pelaku usaha industri skala kecil dan menengah. Melalui beberapa program penyuluhan yang dilakukan, akhirnya yang semula produksi gula kelapa cetak beralih menjadi gula kelapa serbuk (bahasa lokal menyebut gula semut) atau palm sugar atau juga palm zuiker (bahasane wong londo).
               
     Bisa ae rong jungkang... 😀😀😀
     Bisa ae jangkrik clupur...😀😀😀

So... gimana gaesss... itu semua belum seberapa, kalau dirinci secara menyeluruh membutuhkan ratusan halaman gaessss...
kesimpulannya bahwa desa kita (Somorejo) kaya akan sumber daya alam dan buminya subur makmur gemah ripah loh jinawi.

Jadi kata liriknya mbah Koesploes yang mengibaratkan " tongkat kayu dan batu jadi tanaman ", itu masoookkk pak eko...
heh, heh, heh  (ketawa logat gaya pak jokowi).

     Bisa ae gedebok pisang...😀😀😀

Oke brow... Salam dari desa Somorejo bagelen. Tetap semangat dan tetep nyruput kopi gaeess...
Semoga desaku, desamu dan desa kita semua sejahtera.
jangan lupa gaesss... klik Follow ya...

     Eiiittttssss... Bisa ae giling punjungan, pera.

No comments:

Post a Comment