Thursday 14 March 2019

Gula Semut Organik

hallo gaesss... jumpa lagi disini gaesss...diblog desaku.
     Kali ini membahas tentang gula semut yang menjadi produk unggulan di desa Somorejo kecamatan Bagelen. Yang mana produk gula semut ini pemasarannya sudah merambah pasar internasional gaesss... amazing kan brow... salut pokoke.

     Sedikit mengulas perjalanan dari gula semut bermula dari pengembangan inovasi para petani gula kelapa atau disebut juga gula merah atau gula jawa yang telah mengalami proses panjang dari masa ke masa. Bermula dari produk gula cetak blengkeran cetakan janur kelapa (bulat roda) hingga menggunakan cetakan bathok kelapa dan sampailah pengembangan inovasi terbaru sesuai keinginan pasar yaitu gula kelapa dalam bentuk serbuk atau lebih dikenal dengan gula semut.
     Gula semut gaesss... kenapa disebut gula semut ???
banyak jawabannya versi masing-masing yang ngejawab.
Ada yang menyebut gula semut karena teksturnya yang lembut, sangking lembutnya mirip sarang semut yang terbuat dari tanah kering. Ada juga yang menyebut dari bahasa inggris ( smooth yang berarti lembut ) karena ilat jowo yang gampang kesleyo jadinya kata semut. Tapi yang jelas menurut wikipedia, gula semut merupakan gula merah yang berbentuk serbuk atau bubuk atau juga orang menyebut gula kristal. Gula semut berbahan dasar dari getah nira pohon kelapa atau pohon aren ( bahasa lokal Legen ).
     Gula semut ini menjadi produk unggulan disetiap dusun didesa somorejo. Lain dulu lain sekarang, dulu petani gula terjerat dengan sistim ijon dan produk dikuasai pengepul, sekarang sudah banyak badan usaha berbentuk koperasi yang menjembatani para petani gula dalam memasarkan produknya. Dengan begitu para petani gula semut mendapatkan harga yang seragam dalam 1 desa dan harga pasaran ditingkat petani tetap stabil. Untuk saat ini harga ditingkat petani gula semut dipathok dikisaran 17-18 ribu/kg.

     Oke gaesss...kira-kira seperti itulah gambaran tentang produk unggulan gula semut yang ada di desa Somorejo, kecamatan Bagelen, kabupaten Purworejo jawa tengah brow...

Tentang detail proses pembuatan gula semut akan diulas dihalaman berikutnya, berikutnya, berikutnya...

     perlu diketahui gaesss... gula semut juga cocok dikombinasikan dengan berbagai macam rempah-rempah seperti jahe, kunyit asam, temu lawak, kopi dan banyak lainnya. Dan produk gula semut yang ada di desa Somorejo adalah murni organik tanpa campuran zat kimia.

1 comment: