Saturday 27 July 2019

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS)

Haiii Gaeesss... Salam Sehat Gaeesss...

     Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Pelaksanaan GERMAS dimulai dari keluarga, karena keluarga merupakan bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian.
     GERMAS dapat direalisasikan dengan cara :
- Melakukan aktifitas fisik
- Mengkonsumsi sayur dan buah
- Mengurangi rokok
- Tidak Mengkonsumsi Alkohol
- Memeriksa kesehatan secara berkala
- Membersihkan lingkungan dan
- Menggunakan jamban
     Pada tahap awal GERMAS secara nasional difokuskan pada 3 kegiatan yaitu :
1. Melakukan aktifitas fisik 30 menit/hari
2. Mengkonsumsi buah dan sayur
3. Memeriksakan kesehatan secara rutin
Tiga kegiatan tersebut dapat langsung dilakukan saat ini juga mulai dari diri sendiri, keluarga serta masyarakat umumnya dan tidak membutuhkan biaya yang begitu besar.
     GERMAS merupakan gerakan nasional yang diprakarsai oleh Presiden RI yang mengedepankan upaya promotif dan preventif, tanpa mengesampingkan upaya kuratif-rehabilitatif dengan melibatkan seluruh komponen bangsa dalam memasyarakatkan paradigma sehat. Adapun dasar hukum GERMAS terdapat pada intruksi Presiden RI no. 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.
     Dalam kehidupan sehari-hari, ptaktik perilaku hidup sehat merupakan salah satu wujud Revolusi Mental. GERMAS mengajak masyarakat untuk membudayakan hidup sehat, agar mampu mengubah kebiasaan-kebiasaan atau perilaku yang tidak sehat.
     GERMAS diharapkan dapat meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat untuk hidup sehat, meningkatkan produktifitas masyarakat, dan yang terpenting dari pola hidup sehat adalah mengurangi beban biaya anggaran untuk kesehatan. Sebab sehat itu mahal bro!!!

Jadi begitu Gaeesss...
Tetap jaga kesehatan ya Gaeessss...

No comments:

Post a Comment