Friday 21 June 2019

Embung Desa

Hallo gaeeesss... Jumpa lagi di Blog Desaku 

     Ketika musim kemarau tiba identik dengan krisis air, ini yang di alami oleh sebagian warga masyarakat di desa Somorejo kecamatan Bagelen terutama warga masyarakat desa Somorejo yang tinggal wilayah perbukitan seperti dusun Mejing bagian atas, dusun Sejagir bagian atas dan dusun Tepus yang berada dipaling nggunung.
     Persoalan krisis air ini sudah terjadi setiap tahunnya ketika musim kemarau tiba dan bukan berarti untuk menanggulangi masalah krisis air ini tidak di cari solusinya atau cara mengatasinya.
     Sudah banyak berbagai cara yang dilakukan oleh warga masyarakat bersama pemerintah desa untuk penanggulangan bencana krisis air ketika musim kemarau tiba. Namun dalam penanggulangannya, masih dalam sekala jangka pendek dan menengah sehingga persoalan krisis air ketika musim kemarau tiba seolah menjadi langganan bagi warga masyarakat dusun yang berada digugusan barisan menoreh tersebut.
foto.dok Embung Bagelen
     Disisi lain, salah satu prioritas dari dana desa yang ditegaskan oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi adalah Embung Desa atau penampungan air dalam sekala besar.
     Embung yang dibangun dapat digunakan untuk menampung kelebihan air ketika musim hujan dan dapat digunakan pada saat musim kemarau tiba.
     Embung juga dapat berfungsi untuk menjaga kwalitas air tanah, mencegah banjir dan juga berfungsi sebagai irigasi atau pengairan.
     Harapan kedepan alokasi dana desa bisa untuk membangun embung di dusun-dusun yang berdampak krisis air ketika musim kemarau diwilayah pemerintahan Desa Somorejo kecamatan Bagelen kabupaten Purworejo.

No comments:

Post a Comment