Monday 17 June 2019

Prukades

     Prukades atau kepanjangan dari Produk Unggulan Kawasan Pedesaan merupakan langkah untuk memajukan Desa dengan menciptakan produk unggulan yang ada di wilayah perdesaan.
     Prukades merupakan program pertama dari empat prioritas yang dicanangkan oleh kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi  (Mendes PDTT) dalam program Dana Desa. Jika sebuah Desa telah memiliki produk unggulan untuk dikembangkan maka akan lebih mudah bagi Desa untuk membangun akses pasar dan dapat dikembangkan dalam skala besar sehingga lebih menguntungkan.
     Untuk menentukan produk unggulan Desa, ada bebarapa hal yang harus dipertimbangkan di antaranya :

• Produk berasal dari potensi sumberdaya lokal, agar sumber daya yang ada di Desa terserap secara maksimal.
• Memiliki pangsa pasar yang luas agar produk mudah terjual dan menghasilkan keuntungan yang melimpah.
• Produk dapat mendorong tumbuhnya berbagai kegiatan ekonomi lainnya, sehingga mampu memberi kontribusi yang besar terhadap pertumbuhan ekonomi Desa.
• Tidak mematikan usaha yang sudah umum dijalankan di Desa.
• Produk Unggulan bisa mempertimbangkan produk yang sedang tren dipasaran.

     Prukades dapat memberikan banyak keuntungan, diantaranya :

▪ Menjadikan petani lebih trampil dan ahli.
Apabila Desa telah fokus pada satu produk Unggulan, maka akan muncul petani-petani yang fokus membudidayakan komoditi tertentu. Ketika mereka sudah fokus dan didukung dengan peningkatan kapasitas belajar bersama antar petani maka mereka akan semakin terampil dan ahli.
▪ Menarik kehadiran investor.
Para investor akan tertarik untuk bekerja sama apabila produk unggulan Desa memiliki kualitas,kuantitas  dan kontinuitas yang baik. Investasi bisa dilakukan pada kerjasama budidaya, pengolahan komoditi dan pemasaran. Sehingga pertumbuhan ekonomi Desa akan semakin cepat dan merata.
▪ Membuka lapangan kerja baru dan peluang usaha baru.
▪ Kesejahteraan meningkat dan menanggulangi kemiskinan di perdesaan.

     Dan pada akhirnya akan berdampak pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat di Perdesaan. Dengan menjalankan Prukades akan mendapatkan banyak keuntungan bagi Desa.
     Lalu, tunggu apalagi? Ayo tentukan produk unggulan kawasan Desa-mu, kalau tidak mulai dari sekarang, kapan lagi gaeesss???

No comments:

Post a Comment