Monday 8 April 2019

Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK)

     Hay Gaeesss...
Kali ini akan membahas tentang PKK, apa itu?

     PKK adalah organisasi kemasyarakatan yang bertujuan untuk memberdayakan kaum perempuan. PKK identik sebagai organisasi yang hanya bisa dianggotai oleh kaum hawa saja. Padahal PKK tidak melulu harus dianggotai kaum hawa saja. Gerakan PKK adalah gerakan masyarakat yang berakar dari bawah (down to top) dan diharapkan mampu membantu berbagai persoalan konkrit pada lapisan masyarakat tersebut. PKK hadir dengan pelaku masyarakat itu sendiri yang secara bersama-sama kemudian menyelesaikan berbagai persoalanya.
     Jadi, pelakunya sebetulnya tak harus melulu wanita. Laki-laki pun juga bisa ikut serta dengan berbagai program PKK, baik tentang isu keluarga yang bersifat umum maupun isu perempuan yang sifatnya khusus, seperti hak-hak perempuan dalam keluarga berumah tangga.
Bukankah pemberdayaan kaum perempuan juga membutuhkan dukungan dari kaum laki-laki, terutama dari para suami yang menjadi mitra para istri?
     PKK adalah gerakan yang bersifat pragmatis sehingga tak lepas dari berbagai fungsi yang disematkan.
PKK memiliki 10 fungsi dasar yaitu :
1. Penghayatan dan Pengamalan Pancasila
2. Gotong-Royong
3. Pangan
4. Sandang
5. Perumahan serta Tatalaksana Rumah Tangga
6. Pendidikan serta Ketrampilan
7. Kesehatan
8. Pengembangan Kehidupan Berkoperasi
9. Kelestarian Lingkungan Hidup
10. Perencanaan Sehat
     Kira-kira seperti itulah sedikit ulasan tentang PKK terlepas dari sejarah panjang PKK itu sendiri. Dan pada postingan selanjutnya akan diulas sejarah dari PKK.
Sekian dan Terima-Kasih gaeesss...

No comments:

Post a Comment