Wednesday 10 April 2019

Sejarah PKK

Hallo gaeesss...

     Kali ini akan mengulas tentang sejarah panjang PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga).
     Pada mulanya PKK adalah sebuah ide yang dibangun dari seminar Home Economic di Bogor tahun 1957. Kemudian Pemerintah Indonesia menindaklanjuti seminar tersebut dengan membuat pelajaran Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Sedangkan sebagai sebuah gerakan masyarakat, PKK awalnya diinisiasi oleh istri Gubernur Jawa Tengah ( Ibu Istriati Moenadi ) yang prihatin melihat kondisi masyarakat diwilayahnya yang menderita busung lapar. Dan mendapat respon yang baik di Indonesia.
     Perubahan nama PKK terjadi pada 27 Desember 1972, saat itu Menteri Dalam Negeri mengeluarkan surat kawat kepada seluruh Gubernur di Indonesia. Isi dari surat tersebut adalah agar mengubah nama Pendidikan Kesejahteraan Keluarga menjadi Pembinaan Kesejahteraan Keluarga. Kata Pendidikan diubah menjadi Pembinaan. Dan pada 27 Desember ditetapkan sebagai hari kesatuan gerak PKK.
     Pada era reformasi dan ditetapkannya TAP MPR no. IV/MPR/1999 tentang GBHN 1999 - 2004, serta pelaksanaan otonomi daerah berdasarkan undang-undang no.25 tahun 1999, PKK pusat menanggapi dengan mengadakan penyesuaian-penyesuaian melalui Rakernaslub PKK pada tanggal 31 Oktober s-d 2 Nopember tahun 2000 di Bandung dengan menghasilkan dasar dalam perumusan keputusan Menteri dalam negeri dan otonomi daerah no.53 tahun 2000, yang selanjutnya dijabarkan dalam pedoman umum gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK).
     Hal yang mendasar adalah perubahan nama gerakan PKK, dari gerakan Pembinaan Kesejahteraan Keluarga menjadi gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga.
     Sebagai sebuah gerakan, PKK bergerak pada 2 dimensi sekaligus yakni :

1. Dimensi spiritual, terutama dalam hal sikap dan perilaku sebagai hamba Tuhan, anggota masyarakat dan warga negara yang dinamis serta bermanfaat dengan didasarkan pada Pancasila dan UUD 1945.

2. Dimensi fisik material yang meliputi sandang, pangan, papan, kesempatan kerja, kesehatan dan lingkungan hidup yang sehat dan lestari melalui peningkatan pendidikan, pengetahuan serta ketrampilan.
     Dengan kelengkapan fungsi dan arah gerakannya, sampai saat ini PKK menjadi gerakan yang paling bisa di andalkan dan perlu diberdayakan menjadi lebih baik.
     Begitulah kira-kira perjalanan dari sejarah PKK, yang kita kenal identik dengan sebutan " Ibu-Ibu PKK ". 

No comments:

Post a Comment