Saturday 9 February 2019

Pemuda Desa

Hallo ... gaesss...
     Para pemuda dan pemudi yang terlahir didesa, kita harus tetap semangat dan optimis dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari sebagai pemuda desa dan jadikan ini semua sebuah kodrat Ilahi yang sudah ditentukan dengan harapan menjadi pemuda-pemudi desa yang terbekali jiwa-jiwa yang optimis untuk membangun peradaban desa yang berkeadilan sosial bagi seluruhnya.

     Jangan merasa malu jadi orang desa karena tanpa desa peradaban kota tidak bisa apa-apa.
Coba sedikit renungi penggalan lagu ibu pertiwi " Hutan gunung sawah dan lautan simpanan kekayaan ".
Pertanyaanya, banyak dimana simpanan kekayaan itu ? jawabanya ya didesa brow...
Maka dari itu jangan minder jadi orang desa dengan berbagai macam keragamannya.

     Untuk itu, sudah menjadi kewajiban bagi pemuda-pemudi (jaman saiki) ikut serta dalam proses pembangunan desa.
garet 03 (generasi remaja rt 03) dusun Tepus
     Kini saatnya, pemuda-pemudi menjadi agen perubahan membuat gebrakan revolusi dengan cara menyumbangkan sebuah program dan ide-ide kreatifitas guna menyelamatkan desa dari ketertinggalannya.

_ Tentunya tetep sambil ngopi brow...
_ jangan diem bae...

     Banyak cara inovatif yang dapat dilakukan misalnya ; membuat program perpustakaan didesa agar budaya membaca tidak hilang dari desa dikarenakan membaca sama halnya dengan sebuah pengetahuan,
memberdayakan masyarakat desa melalui peningkatan pengembangan usaha dengan memanfaatkan potensi yang ada, memberikan edukasi masyarakat desa melalui pelatihan ketrampilan/kerajinan tangan dan sebagainya.
yang muda juga bisa jadi penggerak PKK
     Pemuda-pemudi harus menjadi sebuah sumber kekuatan didesanya sebab desa tidak boleh lemah, apabila desa lemah akan berakibat pada tingginya tingkat urbanisasi dan yang terjadi adalah menumpuknya populasi dikota-kota besar sehingga berdampak menjamurnya kemiskinan dikota-kota yang bersumber dari ketimpangan sosial didesa.

     Untuk itulah, pemuda-pemudi berserta seluruh elemen masyarakat bersama unsur pemerintahan baik daerah atau pusat harus bersinergi, bergotong-royong membangun negeri melalui unit terkecil dengan konsep Desa membangun.

     Perlahan tapi pasti, desa akan sejahtera apabila terbebas dari sebuah ketertinggalan dan kemiskinan yang membelenggu. Apabila desa sejahtera akan berdampak kepada kemajuan sebuah bangsa karena desa adalah unit terkecil dari negara kesatuan republik indonesia (NKRI) yang menjadi bibit kesejahteraan negara.

Sudah saatnya desa menjadi maju, mandiri dan sejahtera.

Oke gaess...
semoga desamu, desaku dan desa kita semua sejahtera, adil makmur.

Salam Dari Desa Somorejo Bagelen Purworejo

jangan lupa ya gaess...klik (Follow)

No comments:

Post a Comment