Sunday 5 May 2019

Wisata Desa

"Sungguh aku merasa lelah untuk menilai sesuatu yang indah.."

Hallo gaeeesss... Jumpa lagi di Blog Desaku 

     Dalam beberapa tahun terakhir ini tren wisata desa menjadi fokus pengembangan pariwisata di Indonesia. Ini merupakan respon terhadap motivasi baru dalam berwisata bagi masyarakat wisatawan.
     Dan tren wisata desa ini tidak lagi dilakukan secara berombongan melainkan dengan kelompok kecil atau secara individual. Yang menjadikan daya tarik minat para wisatawan adalah kehidupan sehari-sehari, hal-hal yang unik dan edukasi yang bisa mendapatkan pengalaman baru.
tugu semprong desa Somorejo
     Persoalan kenyamanan akomodasi bukan lagi hal yang penting bagi para wisatawan, asalkan bisa menginap atau tinggal sementara di desa atau kampung yang menjadi objek wisata. Awal munculnya wisata desa ini pada tahun 1980an dan mengalami tren peningkatan hingga sekarang ini.
      Pada prinsipnya pengembangan wisata desa tidak dapat dipisah-pisah melainkan satu kesatuan. Karena tujuan utama dari pengembangan wisata desa adalah mensejahterakan masyarakat desa yang dikunjungi atau winisatawan.
     Maka dari itu, wisata desa bukan hanya kesenangan milik wisatawan tetapi juga kesejahteraan bagi  winisatawan atau masyarakat yang dikunjungi. Ini semua memerlukan sistem keberlanjutan agar kesejahteraan juga berkelanjutan.
     Berbicara wisata desa, di desa Somorejo kecamatan Bagelen banyak memiliki lokasi atau stand yang bisa dijadikan sebagai objek wisata, dari keindahan alamnya, dari ragam seni budayanya, dari seni tradisi warga masyarakatnya dan unsur edukasi dari aktifitas warga masyarakatnya. Hanya dengan meningkatkan daya kreatifitas SDM-nya serta sinergi antar pemdes dan masyarakat desa juga pelaku wisata maka sudah cukup sebagai modal untuk menjadikan Somorejo menjadi tujuan wisata desa.
     Salam dari desa Somorejo Bagelen, dari desaku, desamu dan desa kita semua mari bersama membangun Bangsa.

No comments:

Post a Comment